Kamis, 03 Maret 2016

Otto Hasibuan Nyatakan Tak Mungkin Tinggalkan PERADI
Fauzie akan memberikan tempat yang pantas untuk Otto di DPN PERADI.
Ali
Dibaca: 5334 Tanggapan: 0
Otto Hasibuan Nyatakan Tak Mungkin Tinggalkan PERADI
Mantan Ketum DPN PERADI Otto Hasibuan saat memberikan keterangan pers usai pelaksanaan Munas II PERADI lanjutan di Pekanbaru, Sabtu (13/6). Foto: RES.
Mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI) Otto Hasibuan menyatakan akan tetap terus memberikan masukan kepada PERADI, baik dari dalam maupun luar organisasi ini.
“Saya memang sudah mantan. Saya sudah cukup puas (memimpin PERADI,-red), walau perjalanan penuh badai. Tapi, dunia organisasi advokat ini tak akan saya tinggalkan,” ujarnya saat memberikan keterangan pers usai Munas II lanjutan di Pekanbaru, Sabtu (13/6).
Otto mengaku sudah berkecimpung di dunia organisasi advokat sejak lama, yakni pada 1985 setelah organisasi Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) berdiri. “Kala itu, Saya ikut konferensi International Bar Association (IBA) di New York,” ujarnya.
Setelah itu, selain ikut mendirikan PERADI, Otto sebelumnya terlibat juga di Komite Kerja Advokat Indonesia (KKAI) yang merupakan persiapan sebelum pembentukan PERADI. “Saya 10 tahun memimpin PERADI, hampir tiak ada sehari pun yang tidak ada topan,” ujarnya.
“Namun, topan itu justru membuat PERADI lebih baik. Ibarat Rajawali yang bisa terbang tinggi kalau ada angin yang kencang,” tambahnya. 
Di awal pembentukan PERADI, Otto mengenang mengajak teman-temannya untuk bergabung menjadi pengurus, tetapi tidak ada yang mau ikut. Bahkan, perguruan tinggi juga banyak yang memandang remeh ketika PERADI mengajak kerja sama. “Mereka bilang apa itu PERADI,” ujarnya.
“Tapi, sekarang sudah ada 120an Perguruan Tinggi yang mengakui dan bekerja sama dengan PERADI, termasuk IBA juga semakin mengakui PERADI. Kita di sana diakui setara dengan mereka (lawyer-lawyer internasional,-red),” tegasnya lagi.
Otto mengungkapkan hingga kemarin, sejumlah rekan-rekannya bahkan masih ada yang memaksa Otto untuk maju kembali jadi Ketum DPN PERADI. Namun, Otto tak menuruti permintaan itu. “Waktu ku sudah tiba,” tukasnya kepada rekan-rekannya.
Ia pun mengaku berjuang mati-matian untuk menghantarkan PERADI kepada ketua umum dan pengurus berikutnya. “Saya nggak mau jadi Ketum yang oportunis. Membiarkan saja karena sudah tidak akan menjabat. Saya sudah hantarkan ini,” ujarnya.
“Hari ini, hari membahagiakan bagi saya,” ujarnya.
Ke depan, Otto mengaku akan lebih meluangkan waktu untuk terus mengajar di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Jayabaya. Apalagi, dirinya juga masuk ke dalam tim penguji doktor.
Selain itu, Otto juga akan semakin fokus mengurus firma hukum milliknya yang seakan terkesampingkan dari PERADI selama ini. “Dulu 60 persen waktu saya tersita ke PERADI, hanya 40 persen ke kantor,” tuturnya.
Meski begitu, Otto mengaku akan tetap memberikan masukan kepada PERADI baik dari luar maupun dalam. “Mereka (pengurus yang baru,-red) banyak yang minta saya harus di dalam. Bagi saya, dari luar pun saya bisa tetap membantu,” ujarnya.
Otto mengatakan membantu PERADI dari dalam kepengurusan juga bisa dilakukannya, asalkan bukan untuk pekerjaan sehari-hari. “Saya sedapat-dapatnya jangan mengurus pekerjaan sehari-hari,” tambahnya sembari menegaskan dirinya tak mungkin meninggalkan PERADI. 
Terpisah, Fauzie mengatakan pihaknya akan meminta Otto untuk masuk ke dalam pengurus DPN PERADI. “Kami akan minta tenaga dia. Kami akan berikan tempat yang pantas di DPN PERADI, kecuali kalau memang dia nggak mau masuk,” pungkasnya.

1 komentar: