Rabu, 17 Februari 2016

Obama: ISIS terus digempur dengan kekuatan dahsyat

  • 15 Desember 2015
Obama Image copyrightEPA
Image captionPresiden Obama memaparkan langkah-langkah Amerika yang ditempuh untuk mengatasi ISIS.
Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan pasukannya menggempur kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) lebih keras dibandingkan sebelumnya tetapi mengaku upaya menghancurkan kelompok tersebut sulit.
Hal itu dikatakan Obama dalam jumpa pers di Pentagon, gedung Departemen Pertahanan, pada Senin (14/12).
Menurut Obama, militer AS sudah membunuh sejumlah pentolan ISIS dan menyerang fasilitas-fasilitas minyak yang digunakan kelompok itu sebagai sumber dana operasional mereka.
Dikatakannya pula bahwa sekutu-sekutu Amerika di darat berhasil memukul mundur ISIS baik di Suriah maupun di Irak.
"Musim gugur ini bahkan sebelum serangan mengerikan di Paris dan San Bernardino, saya memerintahkan aksi baru untuk mengintensifkan serangan terhadap ISIS," tegas Obama.

Galang dukungan

Tindakan itu, lanjutnya, antara lain meliputi pengerahan pasukan elit.
"Ini tetap menjadi pertempuran yang sulit seperti yang sudah saya katakan sebelumnya ISIS bercokol, termasuk di daerah-daerah perkotaan, dan mereka berlindung di belakang penduduk biasa, menggunakan laki-laki, perempuan dan anak-anak tak berdaya sebagai tameng manusia."
Perang terhadap ISIS memiliki makna lebih mendesak menyusul serangkaian serangan di Paris bulan lalu dan kemudian penembakan mati 14 orang di San Bernardino, California, awal bulan Desember.
Obama juga mengatakan bahwa Menteri Pertahanan Ash Carter direncanakan akan kembali mengadakan lawatan ke Timur Tengah untuk menggalang dukungan militer lebih besar.
Sementara itu, Menteri Luar Negeri John Kerry dijadwalkan akan melawat ke Moskow sebagai upaya membentuk front bersatu melawan ISIS.
Pesawat AS
Image captionTak kurang 9.000 serangan dilancarkan terhadap sasaran-sasaran ISIS sejak pertengahan 2014.
Anggota kongres dari Partai Republik Kevin McCarthy mengkritik strategi yang ditempuh presiden.
"Jelas strategi yang diambil presiden sekarang tidak berhasil. Bukannya berhasil dikendalikan -jauh dikalahkan - ISIS sekarang memperlebar jangkauan terornya jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya," katanya.
==================================================================
Dari mana ISIS mendapatkan dana?
  • 8 Desember 2015
ISISImage copyrightReuters
Image captionISIS memungut pajak di wilayah-wilayah yang dikuasai kelompok militan itu.
Laporan baru menunjukkan kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS mendapatkan dana sekitar US$80 juta per bulan.
Laporan yang disusun oleh IHS Inc, pemantau keuangan yang berkantor di Inggris, menyebutkan sekitar 50% pendapatan ISIS berasal dari pajak yang dipungut di wilayah-wilayah yang dikuasainya dan perampasan aset.
Adapun sekitar 43% sumber dana berasal dari penjualan minyak. Sisanya berasal dari penyelundupan narkotika, penjualan listrik, dan bantuan.
"Tidak seperti al-Qaida, ISIS tidak tergantung pada uang dari donatur-donatur asing untuk menghindari pengaruh mereka," kata Columb Strack, analis senior di IHS.
"Analisis kami menunjukkan nilai sumbangan dari luar untuk ISIS minim, dibandingkan dengan sumber-sumber pendapat lain," tambahnya.
Sebagian operasi dalam memerangi ISIS di Suriah dipusatkan pada upaya memutus sumber keuangan kelompok militan itu.
Pesawat InggrisImage copyrightGetty
Image captionInggris, Prancis, Amerika Serikat turut menggempur ISIS di Suriah.
Rusia sebelumnya menuding keluarga Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, terlibat dalam perdagangan minyak dengan ISIS. Turki membantah keras klaim itu dan meminta Rusia membuktikannya.
Tuduhan itu dikeluarkan setelah Turki menembak jatuh pesawat tempur Rusia yang membantu militer Suriah memerangi ISIS.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar